4 Tips Agar Motor Matic Jadi Lebih Irit Bensin
28 Agustus 2017
Mang Oto (7 articles)
0 comments
Share

4 Tips Agar Motor Matic Jadi Lebih Irit Bensin

Jumlah motor jenis Matic saat ini memang mendominasi pangsa pasar dan menjamur disetiap jalanan. Harganya yang terbilang paling terjangkau diantara berbagai jenis motor lainnya dan sarana kredit dengan DP minim serta angsuran yang tidak memberatkan bagi sebagian masyarakat inilah menjadi penyebab merebaknya motor jenis Matic. Masuknya Virus Thai Look atau Modifikasi ala negeri tetangga, Thailand, juga menambah daya tarik pemuda Indonesia untuk memodifikasi motor Matic-nya.

Setiap pilihan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, walaupun motor jenis Matic ini sudah menjadi Primadona namun tak sedikit yang mengeluhkan konsumsi bahan bakarnya. Motor Matic yang sudah berumur sekitar 3 tahun biasanya sudah mulai terasa boros bensin, apalagi motor Matic yang masih menggunakan Karburator. Umur suku cadang yang mulai “menua” memang sangat berpengaruh dalam kasus boros bensin pada Matic.

Sebagai catatan perlu diketahui dulu bagaimana kita dapat menilai bahwa motor Matic mulai boros. Cari tahu berapa liter kapasitas tangki bensin yang ada pada motor Matic Modifers. Caranya cukup mudah, jika indikator bensin sudah mentok di huruf E maka lakukan pengisian penuh kemudian catat berapa liter yang diperlukan untuk memenuhi tanki bensin. Sebagai contoh Mang Oto gunakan Matic Beat keluaran lawas, kapasitas tangki bensinnya hanya 3.5 liter. Jarak yang dapat ditempuh sebelum mengalami “peremajaan” untuk melahap jarak dari Otista – Parung – Otista menghabiskan 3.5 liter. Singkat kata Mang Oto kehabisan bensin saat sampai kembali di Otista. Menghitung jarak yang ditempuh Mang Oto waktu itu adalah 94.6 Km, lalu Mang Oto bagi dengan kapasitas bensin yang ada yaitu 3.5 liter. Maka didapatkan konsumsi bensinnya adalah 27 Km per Liter. Ini sudah termasuk boros namanya karena konsumsi bensin yang wajar dalam kondisi mesin yang terbaik adalah sekitar 35 hingga 40 Km per Liternya. Jadi, pastikan dulu apakah konsumsi bahan bakar motor matic Modifers sudah benar-benar boros atau masih wajar, dengan rumus memperhitungkan jarak yang telah ditempuh dibagi dengan kapasitas bensin yang penuh.

Tapi tahukah Modifers selain disebabkan oleh beberapa bagian mesin yang sudah menua dan kinerja mesin yang mulai melemah dipaksakan untuk terus menempuh jarak yang kita lalui sehari-hari, cara kita berkendara juga dapat mempengaruhi konsumsi bensin. Karena kinerja mesin matic jauh berbeda dengan motor bebek biasa atau motor jenis kopling. Dan pada dasarnya sebuah mesin apapun memang memerlukan perawatan yang tepat untuk tetap menjaga performa yang maksimal.

Berikut Mang Oto berikan 5 Tips Bikin Motor Matic Lama mu jadi Irit lagi:

   Halaman selanjutnya

 

 

Pages: 1 2 3 4 5 6

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *